Rabu, 24 November 2010

Cara Mencegah File Terjangkit Virus

Info buat temen2 yang mungkin belum tau kenapa tiba2 file yang extensinya .exe gampang terkena virus. khususnya pengguna OS Windows.

ide ini saya ambil dari seorang temen saya, kebetulan pada waktu itu saya banyak mengambil file dari temen saya ini. lalu saya di nasehatinya. "Ganti aja extension nya...!!!".
nah dari sinilah saya berpikir untuk berbagi juga kepada temen2.

Langsung aja tanpa basa-basi.
pertama, kita seting dulu komputer kita, nyetingnya kaya gini,
masuk ke sembarang folder. pilih tab "tool". lalu Pilih "folder option"
setelah itu pilih tab "view" hilangkan tanda centang pada kolom
"hide extensions for known file types" lalu ''aply"








Kedua, pilih file yang extensions nya .exe disini saya ambil contoh file master software yang saya simpan. lalu "rename" saat me rename kita hanya mengubah extensionsnya saja. contohnya saya ganti .exe menjadi .zip kaya gambar di bawah ini


jadi kalo kita mau nginstal aplikasi yang kita rubah extensionsnya, mesti dirubah kembali ke file aslinya. seperti file .zip tadi dirubah kembali menjadi .exe

dari cara inilah file2 kita aman dari ancaman virus. karna setau saya, virus cepet betul nyerang file yang extensionsnya .exe apa lagi file2 saya kebanyakan saya simpan di flashdisc, yang kerjanya nyolok sana nyolok sini. hehehehehe

sebelumnya terimakasih sudah mampir di blog saya. setidaknya bisa membantu temen2 semua...

Salam....

     n/b : jangan merubah file .exe yang sifatnya berupa portable. yakin lah sumpah. karna
             ga akan berkerja semua software yang kita rubah extensionsnya. kecuali portable
             tersebut hanya untuk kita simpan saja. Thank's..

Tidak ada komentar: